Minggu, 02 Januari 2011

Indahnya Masa-Masa 90'an

        Apa yang ada di benak anda saat megingat kata "tahun 90an"? Apakah hanya sebuah era yang telah lama berlalu? Atau mungkin cuma tahun-tahun dimana kita melewati masa kecil atau remaja? Dari semua hal tersebut, era 90an adalah tahun-tahun yang memberikan banyak kenangan, entah itu kenangan indah maupun kenangan yang pilu. Suka maupun duka. Semua orang tentu mempunyai opini masing-masing tentang era 90an. Orang punya kenangan tersendiri dengan era 90an. Apakah itu kenangan lewat lagu-lagu yang pernah dinyanyikan Nike Ardilla, Poppy mercury maupun Inka Christie. Ada juga kenangan yang lucu lewat film warkop.

Paling tidak ini akan membuka lembaran demi lembaran kenangan masa 90an, entah itu sedih, lucu, haru maupun gembira. Penulis adalah orang yang masih duduk di bangku SD saat era 90an, tepatnya kelahiran tahun 1987. Mari kita ingat lagi, hal-hal apa saja yang populer sewaktu jaman SD dulu :

1. Makan snack mie "Anak Mas" & Anak Mamee
   Ada rasa ayam bawang, dll. Ini merupakan jajanan favorit anak-anak pada waktu itu.

 

2. Tazos
    Adalah mainan berbentuk lingkaran yang multifuungsi, bisa untuk di adu lempar, atau disusun menjadi   berbagai bentuk. Tazon didapat dari Snack Chitato, Chiki Balls, Cheetos ataupun JetZ sebagai hadiah. Saya dulu sempat mengumpulkan tazos-tazos ini dari snack yang saya beli.

 


3. Maen Gimbot & Dingdong
    Adalah konsol game sederhana yang sangat polpuler di era 90an. Biasanya berisi game tetris, balap mobil, lompat kodok, dll. Namun masih menggunakan tampilan grafis sederhana (kotak-kotak). Selain itu, ada DingDong juga, yang cuma modal koin 100 (kalo bolos, pasti larinya ke tempat DingDong...ha..ha.3x)

 

4. Permen Jagoan Neon & Permen Karet Yosan
    Inget gak, dulu sering beli permen jagoan neon yang bisa bikin lidah jadi biru? Selain itu ada juga permen karet merk Yosan, yang mana kita bisa dapat hadiah jika kita berhasil mengumpulkan bungkus permen tersebut jika membentuk kata Y + O + S + A + N. Huruf tersebut berada disebelah dalam bungkus permen.
 
  


5. Nonton fim kartun Ksatria Baja Hitam & Ultraman
    Nah ini dia film yang selalu ditunggu-tunggu bocah SD era 90an yaitu Ksatria Baja Hitam & Ultraman. Dulu saya sering bolos mengaji saking gemarnya ama film ini...he..he..3x.

  

6. Nonton bareng acara TV di hari minggu pagi
    Nih dia sobat, kalau hari minggu, pagi harinya wajib nonton bareng ama teman-teman. Biasanya acara yang di tonton antara lain : Doraemon di RCTI, Si Unyil di TVRI, Album Minggu (acara tangga lagu mingguan di TVRI)

  


7. Ngikutin Telenovella 
    Paling sebel kalau nonton TV bareng ibu-ibu, pasti minta diputerin Telenovella...ha..ha..3x. Telenovella yang ada saat era 90an antara lain: Esmeralda, Marimar, Marisol, Cassandra, Maria Mercedes (Maria Cinta yang Hilang), Rosalinda, Carita de Angel (yang bintangnya si anak kecil Dulce Maria). Semua telenovela punya kesamaan, yaitu biasanya si cewek yang miskin berasal dari keluarga kaya, lalu si cowok punya profesi kalau gak pengacara, dokter atau arsitek. Nama-nama cowoknya seingat saya: Armando, Fernando Jose, Juan Daniel. Bintang telenovela yang paling tenar saat itu adalah Thalia & Gabriela Spanic.

 


8. Nonton Acara Quiz Jadul
   Antara lain : Kata berkait (oleh Nico Siahaan), Family 100 oleh (Sony Tulung), Tak-Tik-Boom (oleh Dede Yusuf), Jari-jari (oleh Pepeng, Jare....jareeee...!), Apa ini apa itu (oleh Jeffry Waworuntu, tiap senin-jum'at jam 12.30 setelah Buletin Siang), Komunikata (oleh Izam Surentu), Kuis Piramida.

 

9. Nonton Acara Komedi Jadul
   Acara komedi seperti : Lika Liku Laki Laki (yang maen Komar, Dery, Ginanjar, Eman), Gara-gara (yang maen Jimmy Gideon & Lidia Kandou), Kanan Kiri OK, Jin & Jun (yang maen Syahrul Gunawan, Robert Syarif, Misye Arsita), Tuyul & Mbak Yul (yang maen Ony Syahrial & Dominique Sandra), Jinny Oh Jinny (yang maen Indra L Bruggman, Diana Punky, Yusuf Surya), Inem Si Pelayan Seksi.

 

10. Mainan Jadul
      Maen karet, bola bekel, maen gasing & yoyo (buat yang cowok), maen congkak, gobak sodor, petak umpet, maen halma/ludo/ular tangga, maen benteng-bentengan.

 

11. Ngetrend Pakaian Merk Alien Workshop & Celana Mamboo
      Rasanya kalau gak make baju "Alien Workshop" & celana Mamboo (dengan model bergaris-garis pada jahitannya) belum gaul ganget. Siapa yang gak kenal ama merk ini di kalangan pelajar waktu itu. Era alien selesai ada Stussy, Bilabong & Quick silver.

 


12. Nonton Sinetron
     Beberapa sinetron yang legendaris di tahun 90an yakni: Noktah Merah Perkawinan, Tersanjung (yang sampe ribuan episode), Gerhana (di RCTI, bintangnya Pierre Roland & Dina Lorenza), Tersayang (di SCTV, bintangnya Anjasmara & Jihan Fahira), Misteri Gunung Merapi (Nini Pelet), dll. Banyak sinetron dulu yang kisahnya diambil dari novel Mira W.

 

13. Sandal Carvil/Neckermann & Sepeda Wymcicle
     Belum gaul kalo gak make sandal merk Carvil atau Neckermann coy. Truz kalo berangkat sekolah juga harus pake sepeda Wimcycle, atau kalo badannya tinggi atau agak gedean pake sepeda Federal.
 

14. Majalah MOP & Bobo
      Sobat 90's, masih ingat dengan majalah MOP? Majalahnya para siswa SMP yang isinya sangat edukatif. Generasi saya cuma pernah kebagian majalah MOP sekali aja, pas awal-awal baru masuk SMP kelas 1 pada tahun 1999. Ada lagi majalah bobo, yang segmennya untuk anak SD, lumayan edukatif & menambah wawasan. Masihkah anda ingat kisah Bona "si gajah kecil berbelalai panjang" di majalah Bobo?

     

6 komentar :

  1. Wah...saya jadi inget ama masa kecil saya nih. good poting...

    BalasHapus
  2. Wong Jadul: Wah, iya nih, saya jadi inget lagi kenangan masa kecil saya. Terutama tentang majalah MOP buat anak SMP. Kreatif postingnya..!! Good

    BalasHapus
  3. Waduh,,,,
    kalau ingat tahun 90 an memang masa-masa yang sangat indah bagi saya dan tak pernah bisa di lupakan.
    ingat sekali ketika ke sekolah saat hujan deras saya pergi sekolah dengan mencopot sepatu dan memakai daun pisang sebagai tadah air hujan, maklum dulu masih susah sekali. intinya tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, banyak kisah-kisah yang telah teriang di hati, susah sedih semuanya. aku kangen masa-masa tahun 90 an.

    BalasHapus
  4. Majalah "HAI"
    didalemnya selalu "ap det"
    --> tele komik "Roel DIjskra" Anjing-anjing Marduk...
    cerpen LUPUS,... mmm

    BalasHapus
  5. Hai salam kenal,,tahun 90an banyak kenangan indah disana,,,
    bagi yang ingin bernostalgia dengan bacaan favorit tahun 80-90an mampir di blog saya :
    http://zonadjadoel.blogspot.com
    trims.

    BalasHapus
  6. blog ini ok banget...gue bisa mengingat waktu jaman 90 dulu karena itu adalah jaman ke emasan hidup gw...dari lagunya ...dll

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ada kesalahan di dalam gadget ini