Sabtu, 24 Desember 2011

Tips Membuat Blog Yang Berkualitas

Tidak terasa tepat setahun sudah blog ini telah saya buat, banyak saat-saat suka dan duka yang mengiringi perjalanan blog ini. Mulai dari awal pembuatan blog, proses mengisi postingan-postingan, hingga sekarang sudah mendapatkan jumlah pengunjung yang lumayan. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dengan para blogger newbie yang baru tahapan awal membuat sebuah blog. Seperti kita ketahui bahwa dalam membuat sebuah website/blog, maka ada beberapa pertimbangan yang harus blogger pikirkan terlebih dahulu, sebelum membuat blog. Ini bertujuan agar, blog yang akan kita buat nantinya akan ramai dikunjungi oleh orang. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat blog antara lain:

1. Memilih alamat website/blog yang relevan dengan isi blog/website

Misalkan, blog yang saya buat berisi hal-hal yang berkaitan dengan musik slow rock tahun 90an, maka  sebaiknya beri nama blog yang relevan dengan isinya misalnya, http://rockers90s.blogspot.com atau http://slowrock90.blogspot.com, hal ini dimaksudkan agar dalam SERP (Search Engine Result Page) blog kita berada pada urutan atas terhadap pencarian dengan kata kunci slow rock.

2. Fokuskan tema blog pada suatu topik saja

Jika anda ingin membuat suatu website, jangan isi website dengan topik bahasan yang campur-aduk, fokuskan pada salah satu topik yang anda kuasai, misalnya anda ingin membuat blog mengenai musik slow rock 90an, maka menu blog bisa anda isi dengan : kumpulan mp3, video klip, chord gitar lagu slow rock 90an, artikel tentang artis/penyanyi slow rock 90an, dan lain-sebagainya. Intinya, menu blog anda harus fokus pada salah satu hal. 

3. Buat template & tampilan blog yang menarik namun ringan

Hal ke-3 yang harus anda pikirkan dalam membuat website adalah membuat tampilan template yang menarik sekaligus relevan terhadap topik bahasan blog anda. Rancanglah tampilan template, header blog, ikon, dan juga tampilan menu yang menarik, agar pengunjung betah berlama-lama berada di blog anda. Selain itu juga, yang harus anda pentingkan adalah bahwa tampilan blog harus dibuat seringan mungkin agar pengunjung tidak terlalu lama mengakses blog anda (kalau blog anda lambat untuk di buka/ diakses bisa-bisa pengunjung kapok mengunjungi blog anda).

4. Update postingan secara teratur

Pada masa awal tahap pembuatan blog (1-3 bulan) mungkin anda bersemangat hampir tiap hari memposting artikel untuk blog anda. Namun setelah lewat masa itu mungkin anda akan jarang melakukan posting, yah mungkin anda memiliki kesibukan lainnya. Oleh karena itu, cukup posting blog secara teratur, walaupun agak jarang, misalkan dalam jangka waktu 1 mninggu, anda cukup melakukan posting 2-3 kali saja, itu sudah cukup.

5. Kreativitas

Mungkin pada awal membuat blog anda berfikir untuk men-copy/paste posting dari blog orang lain, namun apakah dengan cara ini blog anda akan memiliki peringkat SERP (pencarian) yang bagus di search engine? Jawabannya adalah tidak. Jika postingan hasil jiplakan cuma sedikit, itu tidak menjadi masalah. Jika ingin mendapat hasil SERP yang bagus di search engine, maka postinglah hal-hal yang unik/jarang ada yang membuat postingan serupa. Disini, dituntut dayakreativitas menulis anda sebagai seorang blogger. Saran saya, tulislah postingan dengan hati anda, usahakan jangan terlalu banyak men-copy/paste tulisan blogger lainnya.

6. Kesabaran

Dalam mengembangkan sebuah website/blog, anda akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai keberhasilan blog anda. Kesuksesan sebuah blog tidak hanya diukur dari jumlah pengunjung semata, namun ada parameter-parameter lainnya yang akan menentukan apakah blog anda terbilang sukses atau tidak. Pada tahapan awal (1-3 bulan usia blog anda), memiliki jumlah pengunjung 10-20 orang per-hari saja sudah cukup bagus. Kemudian pada tahapan 3-6 bulan, mungkin akan ada peningkatan jumlah pengunjung blog yang mencapai 30-50 orang per-hari. Nah, biasanya pada usia blog 1 tahun, jumlah pengunjung akan naik cukup banyak, mencapai 80-100 orang per-hari, dengan page view rata-rata 200-500 page view. Kesimpulannya, untuk mencapai sukses itu setidaknya memakan waktu 1 tahun dari awal pembuatan blog. Jadi anda perlu bersabar dalam mengembangkan blog/web anda.

7. Monetize Blog Anda

Nah, setelah blog anda cukup banyak pengunjungnya, untuk memperoleh penghasilan tambahan, ada baiknya jika anda memonetize (menguangkan) blog anda dengan memasang iklan PPC maupun iklan berbasis impresi. Ada banyak PPC lokal maupun manca yang bisa anda ikuti, misalnya Adsensecamp, IdBlogNetwork, Sitti, Kumpul Blogger, Google Adsense, Tribal Fusion, Smowtion, AdMax Network dan lain-lain. PPC luar negeri memang memberikan penghasilan yang besar (bisa 5-10 kali lipat PPC lokal), namun yang jadi kendala ialah metode pembayarannya, anda harus punya akun Paypal atau Alertpay yang terverifikasi. Untuk memverifikasi akun Paypal diperlukan kartu kredit. Jadi saya sarankan pilih saja PPC lokal jika anda tak mempunyai kartu kredit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ada kesalahan di dalam gadget ini