Senin, 04 Juni 2012

Keterkaitan Musik Dan Memori Seseorang

Tak terasa dua dekade telah berlalu dari masa 1990an, banyak hal yang mengiringi perjalanan hidup generasi yang lahir di medio hingga akhir 1980an. Salah satu hal yang mengiringinya adalah lagu, atau sebut saja musik. Mengapa saya mengaitkan antara musik dan perjalanan hidup seseorang, adalah karena memori/kenangan perjalanan hidup seseorang biasanya terkait dengan lagu-lagu yang sering di dengarkan orang tersebut sewaktu ia melewati masa kanak-kanak, remaja, hingga berlanjut ke masa dewasa. Sebagai contoh, jika saya mendengarkan lagu "Janji" yang pernah di populerkan oleh Sahrul Gunawan (akhir tahun 1999), maka seketika itu pula memori saya akan kembali ke zaman saya masih duduk di kelas 1 SMP. Hal yang saya ingat waktu itu adalah, kenangan-kenangan manis maupun hal-hal suka & duka, yang saya alami saat saya masih di kelas 1 SMP. Nah, itulah deskripsi mengenai "keterkaitan antara musik dengan kenangan perjalanan hidup seseorang". Anda juga pasti kenangan di era 90an, bukan? 

Pada dasarnya, orang hidup tak akan pernah lepas dari memori & peristiwa yang terjadi di masa silam, meskipun pastinya anda pernah mengalami saat-saat bahagia, sedih, suka cita, bahkan kesedihan. Namun semua hal tersebut akan menjadi memori yang akan anda rindukan di masa depan, anda akan mengingat lagi masa-masa indah tersebut. Bahkan, mungkin jika ada mesin waktu, anda ingin kembali ke masa-masa tersebut. Itu sebabnya, saya membuat blog rockers90s.blogspot.com ini untuk mengenang kembali tahun-tahun terbaik yang pernah saya lalui di era lalu, hal ini akan menjadi pelecut semangan saya untuk menjalani hidup. Nah, bagaimana dengan anda sendiri? Saya yakin masing-masing orang pasti memiliki kenangan akan sebuah lagu yang pernah ia dengarkan di masa lalunya. 

Studi Riset Tentang Pengaruh Musik Terhadap Psikologi 

Untuk memastikan kedahsyatan pengaruh musik pada pada seseorang, psikolog Lewis, Dember, Schefft, dan Radenhausen sengaja menyelidiki hubungan antara musik dan suasana hati (1995). Meraka memilah musik dan juga video dalam kategori positif dan negatif. Hasilnya, musik memiliki pengaruh besar, namun tidak demikian dengan video. Musik berkategori positif menghasilkan peningkatan suasana hati yang positif, dan juga sebaliknya.

Empat tahun sebelumnya, T. Taniguchi, psikolog dari Universitas Tokyo, melakukan penelitian tentang pengaruh musik terhadap akurasi memori seseorang terhadap kata-kata. Dalam laboratorium risetnya, ia memutar musik yang sedih dan juga yang gembira. Sementara dua kelompok mempelajari sebuah tulisan yang memuat kata berkategori positif dan negatif. Hasilnya, kata yang positif diingat lebih baik saat mendengar musik yang gembira, sedangkan kata yang berkategori negatif diingat lebih baik saat mendengan lagu yang sedih.

Dengan kata lain, musik yang positif akan membawa kita kepada suasana hati yang positif dan sebaliknya. Karena itu, mereka yang bertemperamen melankolik dan introvert misalnya, bisa memakai musik yang positif untuk membantu Anda lebih ceria dan ekstrc ert. Sebaliknya, mereka yang cenderung bertemperamen super aktif dan ekstrovert bisa mendengarkan lagu-lagu bernada tenang dengan lirik yang menyiratkan kedamaian hati. Musik memang tidak serta-merta mengubah kepribadian Anda, tapi musik dapat membantu menciptakan suasana hati yang tepat. Selebihnya tergantung tekad Anda.


Berikut saya berikan daftar lagu-lagu yang populer & memorable yang pernah di layar kaca Indonesia pada tahun 1999/2000, silahkan klik disini untuk melihat & mendownload lagu-lagu tersebut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ada kesalahan di dalam gadget ini