Kamis, 26 April 2012

Maria Mercedes, Si Ratu Telenovela


Masih ingat dengan tayangan telenovela "Maria Mercedes" yang pernah disiarkan di stasiun TV swasta era 90an? Siapa sih remaja & Ibu-ibu di rumah yang tak kenal dengan sosok Latin cantik tersebut? Apalagi waktu itu banyak yang demen nonton telenovela, bukan hanya golongan ibu-ibu saja yang menontonnya, bahkan remaja yang baru kelas 6 SD atau anak-anak SMP pun getol ngikutin ceritanya di tiap episode. Oleh sebab itu, tak salah jika Maria Mercedes adalah sebuah ikon telenovela tahun 90an. 

Maria Mercedes merupakan program acara telenovel 90an yang dahulu ditanyangkan di SCTV (kalau tidak salah setiap hari senin sampai jumat sekitar jam 5 sore). Dengan dibintangi aktris Mexico nan cantik jelita, Thalia dan telah menjadi yang pertama dari trilogi telenovela yang dibintanginya, yaitu "Maria Mercedes", "Mari-Mar", dan "Maria Cinta Yang Hilang". 

Plot Cerita
Seorang gadis kampung bernama Maria Mercedes tiba-tiba mendapatkan warisan dari seorang konglomerat yang tidak dikenalnya. Konglomerat tersebut dari marga Del Olmo mengajaknya tinggal di 'Mansion del Olmo' dimana di situ juga tinggal seorang yang super judes dan jahat bernama Malvina del Olmo, yang masih memiliki ikatan saudara dengan konglomerat itu bersama dengan kedua anaknya Jorge Luis & Digna del Olmo. Malvina sebenarnya berambisi mendapatkan harta warisan tersebut, sehingga menghalalkan segala cara dan berusaha untuk melenyapkan Maria Mercedes. Namun, Jorge Luis (anaknya Malvinas) jatuh cinta pada Maria Mercedes dan mati-matian membela kekasihnya itu dihadapan Ibunya. Hal ini tentu saja ditentang Malvina, sehingga ia pun berusaha memisahkan anaknya dari kampung itu, dengan cara menjodohkan anaknya dengan perempuan lain. 

Seorang saudara Jorge Luis yang sakit-sakitan bernama Santiago del Olmo juga mencintai Maria Mercedes dan meminangnya. Karena sakit hati pada Jorge Luis, Maria Mercedes akhirnya menerima pinangan tersebut dan kemudian menikah dengannya. Setelah Santiago meninggal, Jorge Luis kembali mengejar cintanya kembali, dan Jorge Luis pun mendapatkan hati Maria Mercedes kembali setelah ia menyelamatkan Maria dari usaha pembunuhan yang hendak dilakukan ibunya.

Keluarga del Olmo : Digna (kiri), Malvina (tengah), Jorge Luis (Kanan)

Cerita akhirnya ditutup dengan happy ending, Maria dan Jorge Luis pun menikah. Sedangkan Malvina menjadi gila dan dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa. Digna (gambar paling kiri), adik dari Jorge Luis, sebenarnya menyayangi Maria Mercedes dan tidak jahat seperti Malvina walaupun dia selalu menyangkal hal itu karena ia takut di depan ibunya. 

Keluarga Maria Mercedes : Rosario (paling kiri)

Pesona Thalia Di Kancah Telenovela

Masih ingat dengan lagu opening dari telenovela ini? Lagu pembukaan yang dibawakan oleh Maria Mercedes sendiri dengan goyangan Latinnya yang aduhai. Berikut sebagian liriknya yang saya peroleh :

("................
María Mercedes pa’ servirle a usted
un buen día mi son cambió
compró un cachito y me conoció
y al morir un montón me heredó 

María Mercedes pa’ servirle a usted
que rico son el que bailo yo
el baile que alivia cualquier dolor
su ritmo calienta mi corazón 

María Mercedes,
la vida te premiará,
tú ya lo verás
María Mercedes,
tu amor te corresponderá
María Mercedes....
.......................") 

Oya, ada beberapa catatan penting dalam kisah telenovela Maria Mercedes yang mungkin anda tidak ketahui, ataupun hanya untuk mengingatkan kembali, diantaranya :
  • Aktris yang memerankan tokoh Malvina, musuh besar dari Maria Mercedes ternyata adalah kakak kandung Thalia sendiri, yang bernama Laura Zapata.
  • Telenovela Maria Mercedes adalah remake dari sebuah telenovela tahun 70an bertajuk "Rina" dan menjadi telenovela pertama dari trilogi Maria yang dibintangi oleh Thalia (Maria Mercedes, Mari-Mar, Maria Cinta Yang Hilang)
  • Thalia pernah mengunjungi Indonesia dalam promo telenovela "Maria La Del Barrio" atau diterjemahkan menjadi ""Maria Cinta Yang Hilang".
Pemeran tokoh dalam telenovela Maria Mercedes :
  • Talia sebagai Maria Mercedes Munoz del Olmo
  • Arturo Peniche sebagai Jorge Luis del Olmo
  • Carmen Salinas sebagai Filogonia
  • Laura Zapata sebagai Malvina del Olmo
  • Nicky Mondellini sebagai mistica
  • Gabriela Goldsmith sebagai Magnolia
  • Evangelina Sosa sebagai Candy
  • Diana Golden sebagai Fabiola
  • Karla Alvarez sebagai Rosario Munoz
  • Jaime Moreno sebagai Rodolfo
  • Carmen Amezcua sebagai Digna del Olmo
  • Meche Barba sebagai Chonita
  • Rebeca Manriquez sebagai Justa
  • Fernando Ciangherotti sebagai Santiago del Olmo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ada kesalahan di dalam gadget ini