Kamis, 26 April 2012

Mengenang Kembali Lagu Anak-Anak Era 90an

Bagi kita yang masa kecilnya dihabiskan sekitar tahun 90an, tentu saja masih ingat di benak kita akan artis / penyanyi cilik yang pernah menjadi idola pada zamannya. Beruntung bagi kita yang sempat mengecap keceriaan & kebahagiaan pada tahun-tahun tersebut, sebab jika pada era tersebut, kita dapat menikmati dendangan lagu anak-anak dari beberapa penyanyi cilik, tak seperti tahun-tahun setelah (diatas) tahun 2000, yang mana industri musik anak-anak seakan mati suri. Akhirnya anak-anak pun terpaksa mendengarkan lebih banyak lagu-lagu dewasa yang kurang sesuai dengan usia meraka. Ironis sekali, bukan?

Memang benar, tahun 90an merupakan masa keemasan bagi industri musik cilik, meskipun medianya masih terbatas pada video klip yang tayang di televisi, dan kaset pita (kaset tape). Nah, untuk mengingatkan kembali pada musik anak-anak 90an, saya akan mengulas beberapa artis / penyanyi cilik yang pernah menghiasi layar kaca dengan lagu-lagu andalan mereka. Siapa sajakah mereka? Nah, ini adalah daftar penyanyi cilik yang saya ingat dahulu :

1. Puput Melati
Terkenal sejak era akhir tahun 80an, meskipun jarang sekali tampil di TV namun dia pernah masuk di   berita infotainment. Hitsnya yang terkenal diantaranya adalah "Si Jago Mogok" dan sempat menyanyikan ulang lagu "Kelelawar" milik Koes Ploes. Saya pribadi hanya sedikit mengetahui tentang karir Puput Melati sewaktu masih menjadi penyanyi cilik. Oh ya, di Tahun 1999 akhir Puput pernah merilis lagu, namun bukan menyanyikan lagu anak-anak lagi, melainkan sudah menjadi penyanyi remaja nan beranjak dewasa. Tapi saya lupa judul lagunya nih...!

2. Bondan Prakoso
Penyanyi cilik ini juga seangkatan dengan Puput Melati. Sekarang seperti kita ketahui bahwa Bondan muncul kembali menjadi penyanyi dewasa dan merilis album Pop R&B bersama Fade 2 Black. Dahulu, lagu andalan Bondan yang terkenal adalah "Si Lumba-Lumba".

3. Enno Lerian
Siapa sih yang gak kenal ama Enno? Hingga saat ini pun ia masih eksis di dunia entertainmet (meskipun sudah tidak menjadi penyanyi lagi). Setelah sempat menghilang cukup lama dari panggung hiburan televisi Indonesia, tiba-tiba muncul di berita infotainment bahwa Enno telah hamil diluar nikah dan kemudian menikah dengan pria yang bernama Nayaka, namun pernikahan itu hanya seumur jagung saja. Dahulu hits-nya yang terkenal antara lain " Nyamuk-Nyamuk Nakal", "Du Di Dam", "Semua Ada Di Sini".




4. Melisa

Penyanyi yang terkenal dengan lagunya : "Abang Tukang Becak", "Macet Lagi", "Bakso", "Semut-Semut Kecil", ini pernah digosipkan meninggal akibat kesetrum terus ia menghilang entah kemana. Banyak rumor beredar di internet tentang keberadaan Melisa sekarang. Ada yang mengidentifikasinya dengan Melisa Karim (seorang Presenter), dan yang paling mungkin adalah Melisa yang ada di Friendster ini (http://profiles.friendster.com/user.php?statpos=bc&uid=5343639)



5. Trio Laris 

Salah satu personilnya sekarang adalah anggota Ecoutez. Tri Laris pernah menyanyikan lagu "Si Ular Putih", sebuah lagu versi Indonesia dari soundtrack serial Mandarin "White Snake Legend" / "Legenda Ular Putih".

6. Trio Kwek-Kwek
Grup cilik ini beranggotakan Alfandy, Dhea Ananda dan juga Leony. Alfandy sekarang ini tidak diketahui kabarnya, sedangkan Dhea Ananda dan Leony masih sering muncul di TV melalui sinetron maupun Penyanyi. Hits Trio Kwek-Kwek yang terkenal adalah "Ku Takut Mamaku Marah", "Katanya", dan lain-lain.







7. Ria Enes & Susan
Duet Ria Enes dan boneka Susan ini sangat menghibur pemirsa TV, saya saja kadang merasa gemes pada Susan yang centil itu. Ria Enes memang telah berhasil menghidupkan karakter boneka Susan. Hits andalan mereka adalah "Ada Kodok", dan "Susan Punya Cita-Cita".








8. Saskia & Geofani
Pertama kali debut mereka menyanyikan lagu-lagu milik Titik Puspa dan juga kolaborasi bareng dengan Titik Puspa sendiri. Hits andalannya antara lain : "Ayo Menabung" (Bing Beng Bang), "Aku Suka Musik".

9. Joshua
Pernah dibuatkan dan juga main film bersama Anjasmara dan Dessy Ratnasari. Sekarang masih eksis di layar televisi melalui film atau sinetron, namun denger-denger sih Joshua juga membentuk Grup Band lho! Hits yang sempat populer adalah "Cit Cit Cuit", "Air" (Diobok-obok) dan "Lonjak-Lonjak".







10. Agnes Monica
Sekarang ia sudah menjadi diva Pop Indonesia, bahkan sedang merambah pasar musik internasional. Padahal dulu nggak begitu populer dan hanya dikenal satu lagu yang menjadi hits-nya yaitu "Tralala Trilili", yang mana lagu ini juga menjadi jingle opening acara musik anak-anak Tralala Trilili di RCTI yang dipandu oleh Kak Feri dan juga Agnes sendiri. 






11. Tina Toon
Penyanyi cilik bertubuh tambun ini terkenal setelah menyanyikan lagu bertajuk dan juga "Bolo-Bolo". 













Selain kesebelas penyanyi cilik yang saya sebutkan diatas, masih ada beberapa nama lagi, diantaranya, Tasya (pertama kali dikenal publik televisi nusantara dengan lagu-lagu ciptaan AT Mahmud, sebut saja hits "Anak Gembala" dan "Pamanku Dari Desa" ), Cindy Cenora (penyanyi cilik yang seangkatan dengan Tasya ini populer dengan lagunya berjudul "Krismon"), Maisy (Penyanyi cilin nan cantik ini sempat membawakan acara musik anak-anak "Ci Luk Ba..!!!" di SCTV yang diproduseri oleh rumah produksi milik keluarganya sendiri, 'Pramaisindo Permata Citra'). Angie (seangkatan dengan Geofani & Saskia, dan terkadang sering menyanyikan lagu bareng mereka sebagai trio, Saskia, Angie & Geofani). Chikita Meidy (Hitsnya yang paling populer adalah "Kampuang Nan Jauh Di Mato")

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Ada kesalahan di dalam gadget ini